SEJARAH KOMPILASI


Komunitas Peduli Lintas Profesi atau disebut KOMPILASI merupakan suatu wadah bisnis publik milik masyarakat yang didasari oleh semangat kepedulian terhadap nasib kaum miskin agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Keterlibatan para penggagas lembaga ini sebagai pekerja sosial di bidang pemberdayaan masyarakat memberikan peluang dan pengalaman berinteraksi dengan para keluarga miskin yang hidup dengan penuh keterbatasan. Pengalaman-pengalaman tersebut memberikan inspirasi kepedulian untuk memberdayakan kehidupan kaum miskin agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan mandiri.

Prinsip 3M yakni “ Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil-kecil, dan Mulai dari sekarang” memberikan motivasi bagi para penggagas lembaga ini untuk memulai menjalankannya secara perlahan namun pasti dan dalam ruang lingkup yang relatif kecil yaitu di lingkungan kampung halaman masing-masing di daerah Indramayu, Jakarta, Bogor dan Tangerang, sehingga pada tanggal 14 Oktober 2011 lembaga ini mulai dirintis dengan wadah yang bersifat non formal.

Melalui penghimpunan dana dari para penggagas dan anggota lembaga ini, terkumpullah dana awal sejumlah Rp 9.900.000,- (Sembilan Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah ) yang dipergunakan sebagai modal usaha kemitraan dengan masyarakat di bidang pertanian dan peternakan dengan sistem bagi hasil. Semoga wadah gerakan kepedulian ini terus berkembang menebar manfaat bagi masyarakat dengan tetap konsisten memegang teguh nilai-nilai dan semangat kepedulian.